Selasa, 27 Mei 2014

7 makanan yang dapat melawan kanker


 

Tak hanya gaya hidup yang sehat, makanan yang dikonsumsi juga berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terkena kanker. Mengonsumsi makanan alami yang mengandung antioksidan dan nutrisi adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah perkembangan kanker.

Sementara beberapa makanan juga bisa memicu kanker, ada makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan risiko terkena kanker. Dr Vimal Jain dari Kohinoor Hospital membagi beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kanker, seperti dilansir oleh Health Me Up (23/04).

1. Brokoli
Sayuran hijau semacam brokoli, kubis, dan kembang kol adalah salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kanker. Sayuran ini mengandung zat kimia yang disebut 3-carbinol. Zat kimia 3-carbinol diklaim ampuh untuk mencegah dan melawan kanker payudara.

2. Wortel
Wortel tak hanya baik untuk kesehatan mata, namun juga untuk mencegah kanker. Sayuran berwarna oranye ini diketahui mengandung beta karoten, antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas dan mencegah kanker.

3. Anggur
Tak hanya sayuran, ada juga buah-buahan yang baik untuk menangkal kanker. Salah satunya adalah anggur. Buah anggur, terutama yang merah dan hitam mengandung banyak bioflavonoid. Bioflavonoid adalah antioksidan kuat yang ditengarai mampu mencegah kanker.

4. Jeruk 
Jeruk dan lemon juga diketahui baik dikonsumsi untuk menangkal kanker. Jeruk dan lemon mengandung zat yang bernama limonene. Selain jeruk dan lemon, tomat juga baik untuk mencegah kanker. Karena tomat mengandung lycopene, yaitu antioksidan kuat yang bisa melindungi tubuh dari kanker.

5. Bawang putih
Bawang putih mengandung zat yang bisa meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan semakin terlindungi dari serangan kanker. Selain bawang putih, kunyit dan jahe juga diketahui memiliki zat bernama Cox-2, yaitu enzim yang memainkan peran dalam melawan kanker usus besar.

6. Kacang
Kacang mengandung banyak antioksidan yang bisa mencegah munculnya kanker. Sementara itu, buah tin juga diketahui mengandung benzaldehyde yang bisa melindungi tubuh dari kanker.

7. Kedelai
Produk yang terbuat dari kedelai seperti susu kedelai dan lainnya mengandung phytoestrogen yang diketahui baik untuk kesehatan tubuh dan bisa menangkal kanker. Sementara itu, minuman lain seperti teh hijau juga mengandung polyphenol dan antioksidan kuat yang bisa mencegah kanker.

Itulah tujuh makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah terkena kanker. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, perhatikan juga gaya hidup dan kesehatan lingkungan Anda. Jangan lupa untuk selalu mewaspadai adanya gejala kanker. Mencegah dan merawat kanker sejak dini akan lebih baik daripada terlambat. (sumber) (foto)